logo

Senam Bersama Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Situbondo pada Awal Bulan Desember 2019

Setelah beberapa lama tidak terlaksana, maka kegiatan senam bersama antara Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Situbondo kembali diselenggarakan pada awal bulan Desember 201
Senam Bersama Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Situbondo pada Awal Bulan Desember 2019

SIDANG ISBAT NIKAH TERPADU TAHUN 2019

Pada hari Selasa tanggal 26 Nopember 2019 di Balai Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo dilaksanakan sidang Isbat Nikah Terpadu sebanyak 50 perkara. Pelaksanaan sidang Isbat Nik
SIDANG ISBAT NIKAH TERPADU TAHUN 2019

TASYAKURAN RUMAH DINAS PENGADILAN AGAMA SITUBONDO 21 NOPEMBER 2019

Pada hari Kamis tanggal 21 Nopember 2019, jam 16.00 WIB Keluarga Besar Pengadilan Agama Situbondo menggelar acara Tasyakuran Rumah Dinas bertempat di Rumah Dinas belakang Kanto
TASYAKURAN RUMAH DINAS PENGADILAN AGAMA SITUBONDO 21 NOPEMBER 2019

Pelaksanaan Eksekusi Riil di Desa Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo Bulan Nopember 2019

Jurusita Pengadilan Agama Situbondo pada hari Rabu tanggal 13 Nopember 2013 telah melaksanakan Eksekusi Riil atas obyek sengketa berupa tanah pekarangan seluas ± 1320 m2
Pelaksanaan Eksekusi Riil di Desa Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo Bulan Nopember 2019

SERAH TERIMA RUMAH DINAS MILIK PENGADILAN NEGERI SITUBONDO MENJADI MILIK PENGADILAN AGAMA SITUBONDO

Berdasarkan Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 832/SEK/SK/X/2019 tanggal 14 Oktober 2019 tentang Alih Fungsi Pemanfaatan Tanah Dan/Atau Bangunan Rumah Dinas Pengadi
SERAH TERIMA RUMAH DINAS MILIK PENGADILAN NEGERI SITUBONDO MENJADI MILIK PENGADILAN AGAMA SITUBONDO

Biaya Perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

Jadwal Sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 10

SIDANG ISBAT NIKAH TERPADU TAHUN 2019

Pada hari Selasa tanggal 26 Nopember 2019 di Balai Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo dilaksanakan sidang Isbat Nikah Terpadu sebanyak 50 perkara. Pelaksanaan sidang Isbat Nikah Terpadu ini atas kerjasama Pengadilan Agama Situbondo dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo,  yang  pada pelaksanaan sidang tersebut juga dihadiri oleh Kantor Disdukcapil Kabupaten Situbondo dan Kementerian Agama Kabupaten Situbondo serta 5 Kantor Urusan Agama Kecamatan, yaitu Kecamatan Panji, Kecamatan Situbondo, Kecamatan Arjasa, Kecamatan Mangaran dan Kecamatan Panarukan.

Pelaksanaan Isbat Nikah untuk tahun ini memang diperioritaskan untuk lima kecamatan di wilayah tengah Kabupaten Situbondo, sedangkan tahun lalu di wilayah timur dan kemungkinan untuk tahun depan di wilayah barat Kabupaten Situbondo. Rincian perkara isbat nikah terpadu ini dari Kecamatan Panji sebanyak 10, Kecamatan Situbondo sebanyak 8, Kecamatan Arjasa sebanyak 13, Kecamatan Mangaran sebanyak 11 dan Kecamatan Panarukan sebanyak 8.

Ibu Camat Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo dalam sambutannya menyampaikan bahwa betapa pentingnya pencatatan perkawinan tersebut, oleh karena itu dengan adanya sidang isbat nikah terpadu ini akan memberikan kepastian status perkawinan para peserta. Oleh karena itu agar cukup para peserta saja yang melaksanakan isbat nikah, untuk anak cucu kedepannya harus dicatatkan perkawinannya. Ibu Camat juga menyampaikan permintaan maaf apabila dalam pelaksanaan sidang isbat nikah terpadu ini ada kekurangan, Kecamatan Panji hanya ketempatan saja, kegiatan ini diselenggaran oleh Kesra Kabupaten Situbondo, namun demikian semoga memberikan manfaat kepada seluruh peserta.

Ketua Pengadilan Agama Situbondo, Drs. H. Suroso, SH., M.Hum. menyampaikan bahwa pencatatan perkawinan berguna baik untuk suami, isteri maupun anak-anak, karena semua dokumen yang berkaitan dengan keluarga dimulai dengan pencatatan perkawinan itu sendiri. Orang tua meninggalkan pun, akta nikah tersebut kadang masih diperlukan oleh anak-anak mereka. Untuk usia perkawinan dengan adanya undang-undang yang baru bahwa usia antara laki-laki dan perempuan sama yaitu umur 19 tahun, oleh karena itu apabila ada calon mempelai belum berusia 19 tahun harus mengajukan dispensasi kawin ke Pengadilan Agama.

Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Situbondo, Abdul  Kadir Jaelani, S. Sos, M.Si., menyampaikan terima kasih kepada Pengadilan Agama Situbondo, Disdukcapil Kabupaten Situbondo, Kementerian Agama Kabupaten Situbondo, Ibu Camat Kecamatan Panji dan jajarannya, Kantor Urusan Agama Kecamatan Panji, Kecamatan Situbondo, Kecamatan Arjasa, Kecamatan Mangaran dan Kecamatan Panarukan, atas terlaksananya sidang Isbat Nikah Terpadu ini. Mohon kepada para peserta agar dapatnya mengikuti kegiatan sidang isbat secara tertib.

Dari Pengadilan Agama Situbondo hadir pada sidang isbat ini Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Panmud Hukum dan Panmud Permohonan sebagai Panitera Sidang, dan beberapa staf.

Hasil sidang isbat terpadu ini 43 perkara dikabulkan dan 7 perkara digugurkan karena para pihak tidak hadir pada pelaksanaan sidang isbat terpadu tersebut.

Peserta isbat nikah yang dikabulkan langsung mendapatkan Penetapan dari Pengadilan Agama Situbondo, Surat Nikah dari KUA setempat dan Kartu Keluarga serta Akta Kelahiran dari Disdukcapil Kabupaten Situbondo. Selamat atas terlaksananya Sidang Isbat Nikah Terpadu Kabupaten Situbondo tahun 2019 (admin).

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Situbondo Kelas IB

Jalan Jaksa Agung Suprapto No. 18
Situbondo, Jawa Timur 68312

(0338) 672323

(0338) 6739000

pasitubondo@gmail.com