logo

SERAH TERIMA RUMAH DINAS MILIK PENGADILAN NEGERI SITUBONDO MENJADI MILIK PENGADILAN AGAMA SITUBONDO

Berdasarkan Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 832/SEK/SK/X/2019 tanggal 14 Oktober 2019 tentang Alih Fungsi Pemanfaatan Tanah Dan/Atau Bangunan Rumah Dinas Pengadi
SERAH TERIMA RUMAH DINAS MILIK PENGADILAN NEGERI SITUBONDO MENJADI MILIK PENGADILAN AGAMA SITUBONDO

UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN TAHUN 2019

Pada hari Senin, tanggal 11 Nopember 2019, seluruh Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Teknis, Pegawai, Honorer Pengadilan Agama Situbondo mengikuti Upacara dal
UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN TAHUN 2019

SIDANG ISBAT NIKAH DI DUSUN BETELLOK DESA CURAHTATAL KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO TAHUN 2019

Pada hari Selasa, tanggal 29 Oktober 2019 di Dusun Betellok Desa Curahtatal Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo dilaksanakan sidang Isbat Nikah sebanyak 41 perkara. Pelaksanaa
SIDANG ISBAT NIKAH DI DUSUN BETELLOK DESA CURAHTATAL KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO TAHUN 2019

UPACARA MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE - 91 TAHUN 2019

Pada hari Senin tanggal 28 Oktober 2019, seluruh Hakim, Pejabat Struktural dan Teknis, Pegawai, Honorer dan Dharmayukti Karini Pengadilan Agama Situbondo  mengikuti Upacar
UPACARA MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA                KE - 91 TAHUN 2019

Sosialisasi Panitera tentang Hasil Bimtek Kompetensi Bidang Sita dan Eksekusi Peradilan Agama

Berdasarkan Surat Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor : 4574/DJA.2/HM.00/IX/2019 tanggal 30 September 2019 tentang Pengembalian Peserta Bim
Sosialisasi Panitera tentang Hasil Bimtek Kompetensi Bidang Sita dan Eksekusi Peradilan Agama

Biaya Perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

Jadwal Sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 579

TUGAS DAN FUNGSI

.

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menentukan dalam pasal 24 ayat (2) bahwa Peadilan Agama merupakan salah satu lingkungan peradilan yang berada di bawah Mahkamah Agung bersama badan peradilan lainnya di lingkungan Peradilan Umum, Peradilan Tata Usaha Negara, dan Peradilan Militer, merupakan salah satu badan peradilan yang melaksanakan kekuasaan kehakiman untuk menyelenggerakan hukum dan keadilan bagi rakyat pencari keadilan dalam perkara tertentu antara orang-orang yang beragama Islam.
 
Pengadilan Agama Situbondo yang merupakan Pengadilan Tingkat Pertama bertugas dan berwenang memeriksa, memutus, dan meyelesaikan perkara-perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam di bidang: perkawinan, waris, wasiat, hibah, wakaf, zakat, infaq, shadaqah, dan ekonomi syariah sebagaimana diatur dalam pasal 49 Undang-undang Nomor 3 Tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama.
 
Di samping tugas pokok dimaksud diatas, Pengadilan Agama Situbondo mempunyai fungsi, antara lain sebagai berikut:
1. Fungsi mengadili (judicial power), yakni menerima, memeriksa, mengadili dan menyelesaikan perkara-perkara yang menjadi kewenangan Pengadilan Agama dalam tingkat pertama (vide: Pasal 49 Undang-undang Nomor 3 Tahun 2006).
2. Fungsi pembinaan, yakni memberikan pengarahan, bimbingan, dan petunjuk kepada pejabat struktural dan fungsional di bawah jajarannya, baik menyangkut teknis yudisial, administrasi peradilan, maupun administrasi umum/perlengkapan, keuangan, kepegawaian, dan pembangunan (vide: pasal 53 ayat (3) Undang-undang No. 3 Tahun 2006 jo. KMA Nomor: KMA/080/VIII/2006).
3. Fungsi pengawasan, yakni mengadakan pengawasan melekat atas pelaksanaan tugas dan tingkah laku Hakim, Panitera, Sekretaris, Panitera Pengganti, dan Jurusita/Jurusita Pengganti di bawah jajarannya agar peradilan diselenggarakan dengan seksama dan sewajarnya (vide: pasal 53 ayat (1) dan (2) Undang-undang No. 3 Tahun 2006) dan terhadap pelaksanaan administrasi umum kesekretariatan serta pembangunan. (vide: Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor: KMA/080/VIII/2006).
4. Fungsi nasehat, yakni memberikan pertimbangan dan nasehat tentang hukum islam kepada instansi pemerintah di daerah hukumnya, apabila diminta (vide: pasal 52 ayat (1) Undang-undang Nomor 3 Tahun 2006).
5. Fungsi administratif, yakni menyelenggarakan administrasi peradilan (teknis dan persidangan), dan administrasi umum (kepegawaian, keuangan, dan umum/perlengkapan) (vide: Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor: KMA/080/VIII/2006).
6. Fungsi lainnya:
  - Melakukan koordinasi dalam pelaksanaan tugas hisab dan rukyat dengan instansi lain yang terkait, seperti KEMENAG, MUI, Organisasi Masyarakata Islam dan lain-lain (vide: pasal 52 A Undang-undang Nomor 3 Tahun 2006).
  - Pelayanan penyuluhan hukum, pelayanan riset/penelitian dan sebagainya serta memberi akses yang seluas-luasnya bagi masyarakat dalam era keterbukaan dan transparansi informasi peradilan, sepanjang diatur dalam Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : KMA/144/SK/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan.

.

 

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Situbondo Kelas IB

Jalan Jaksa Agung Suprapto No. 18
Situbondo, Jawa Timur 68312

(0338) 672323

(0338) 6739000

pasitubondo@gmail.com